Tips

Aneka Macam Jenis Pintu & Jendela Lengkap Dengan Contoh & Gambar

Materi yang akandibahas kali ini merupakan mengenai pintu dan jendela, syarat – syaratnya, jenis –jenisnya, aneka macam macam ukurannya, & sebagainya.

Langsung disimak aja ya,kalau terdapat yang kurang jelas mungkin bisa ditanyakan di kolom komentar atauboleh pula kok tanya via email, insyaAllah saya balas ya.

Pintu & jendela,gw rasa telah tau semua lah ya pintu dan ventilasi itu apa jadi mungkin tidakusah saya sebutkan definisinya, saya akan kasih tau fungsi – fungsinya saja lahya.

Fungsi pintu adalahsebagai sarana kemudian lintas antara bagian dalam & bagian luar ruangan.

Fungsi ventilasi adalahsebagai peredaran udara, menjadi penerangan alami, buat melihat situasi ataupemandangan di luar.

SYARAT –  SYARAT PINTU DAN JENDELA:

Tidakada celah atau cahaya yang nir dikehendaki masuk

Minimalsatu jendela dalam satu ruangan

Untuk ruangan yangdigunakan buat pekerjaan yang teliti misalnya untuk ruang belajar, maka luaskacanya minimal 1/6 berdasarkan luas lantai dalam.

Untuk ruangan yangmengerjakan pekerjaan yg agak kasar maka luas kaca minimal 1/9 berdasarkan luaslantai pada.

Dalam merencanakanpintu dan ventilasi tidak boleh asal-asalan loh, terkesan sepele sih memangtetapi ada 4 hal yang harus dipertimbangkan loh, misalnya:

Arahmatahari, idealnya menyampingi mentari

JENIS – JENIS PINTU

Terdapat poly jenis– jenis pintu dalam kehidupan sehari – hari kita, antara lain

Cara membukanyadengan didorong. Horizontal ke arah kiri atau ke kanan atau vertikal ke sisi atas.Daun – daun pintu ini ditempatkan dalam belakang rangka atau pada indera rel.Bagian pintu bisa dibuka penuhpintu sorong horizontal ke arah kiri atau ke kananpintu sorong vertikal ke atas

Yang membukanyadidorong & melipat ke kanan atau ke kiri. Daun – daun pintu diletakkan ataudigantung pada alat rel, bagian pintu bisa dibuka sekitar 90%.

Yang membukanyadengan cara digulung ke atas. Daun – daun pintu digulung dalam indera, bagianpintu dapat dibuka penuh

Daun pintu digantungpada sisi pada atau luar rangka dengan indera engsel. Pintu dibedakan menjadipintu kiri & pintu kanan, bagian pintu dapat dibuka penuhpintu sayap tunggalpintu sayap ganda

Jendela biasanyadikelompokkan sinkron bukaannya:

Mempunyai daun – daunjendela yg didorong secara vertikal atau horizontal, daun – daun iniditempatkan dalam alur depan rangka atau dalam indera rel, bagian jendelanya dapatdibuka 50%.ventilasi sorong vertikaljendela sorong horizontal

JendelaSayap (Sayap Tunggal dan Sayap Ganda)

Mempunyai daun – daunjendela yang digantung pada ambang atas atau bawah atau dalam tiang. Daun – daunjendela ini ditempatkan pada engsel depan atau belakang, bagian jendela dapatdibuka penuh.

JENDELA SAYAP TUNGGALengsel pada ambang bawahengsel pada ambang atas

Kusen buat tempattinggal atau rumah umumnya terbuat dari kayu atau logam. Kusen kayu dapatmemberikan tampilan yang hangat & latif berdasarkan tampilan tekstur serat – seratkayu yang dimilikinya, juga memiliki nilai penyekat panas yang baik, & padaumumnya tahan terhadap suatu cuaca.

Kusen logam tidakakan terpengaruh jika basah. Kusen jenis logam tidak memiliki kehangatan dalampenampilan dan menaruh daya tahan yg miniterhadap perpindahan panas.

Kusen penampangbatang kayu buat rangkap pintu dan ventilasi umumnya mempunyai berukuran 6 cm x 12cm , 8 centimeter x 12 cm , 10 centimeter x 12 cm.

Tinggi pintu                  : 2 m – dua,1 m

Lebar pintu tunggal     : 0,7 m – 0,9 m

Lebar pintu ganda       : 0,6 m – 0,8 m (dikali dua)kusen pintu tunggal

Tinggi ventilasi  : 0,8 m – 1,7 m

Lebar jendela  : 0,6 m – 0,8 mkusen ventilasi tunggal

Sponning daun pintu, berfungsi buat menggantungkan daun pintu dengan ukuran 1 ½ cm

Kupingan panjangnya10 centimeter – 15 centimeter, manfaatnya buat memperkuat kedudukan kusen pintu di dalamtembok.

Besi angkerpanjangnya kurang lebih 1 bata, fungsinya untuk memperkuat kedudukan kusenpintu dalam tembok. Tekukan ke bawahnya 10 cm.

Sponning kapur,berbentuk verbal ikan dengan lebar 5 cm – 6 cm, dalamnya 1 ½ centimeter – dua cm,manfaatnya memperkuat perlekatan antara tembok dengan kusen juga buat mencegahtimbulnya celah – celah atau lobang antara kusen dan dinding.

Neut atau umpakterbuat dari adukan beton 1 pc: 2 ps: 3 kr, fungsi supaya nir terjadi peresapanair pada kusen & buat memperkuat kedudukan kusen.

MACAM – MACAM DAUNPINTU DAN JENDELA

Daunpintu & jendela klamp / tempel

Pintu klamp / tempeltersusun berdasarkan beberapa papan melebar tegak yg saling dihubungkan menggunakan alurdan pengecap. Susunan papan melebar tegak ini lalu dipaku atau disekrup dalam 2atau tiga klamp yg arahnya horizontal. Untuk mencegah terjadinya perubahanbentuk perlu dipasang papan penyokong yang dianggap schoor.pintu tempel

Pintu krepiakdimaksudkan buat memasukkan udara sebanyak mungkin, contohnya buat rumah – rumahdi daerah panas seperti pada tepi laut.

Daun pintu terdiridari bingkai kayu berukuran tebal 3 ½ cm dan lebar 12 – 14 centimeter, sedangkan untukrimbat bawah bingkai dipakai lebar 25 centimeter.pintu krepiak

Pintu atau jendelapanel terdiri dari satu lembar papan atau lebih yang diapit oleh bingkai tegakdan datar.pintu panel

Seperti pada pintulainnya, pintu pingir menggunakan bingkai yg terdiri berdasarkan dua tiang, ambangatas, ambang tengah, & ambang bawah yang kemudian ditutup denganlembaran  triplek.

Daunpintu & jendela kaca

Sekian dulu pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen & share yaa. Terimakasih.

You may also like
√ 60+ Model Ventilasi Aluminium Minimalis & Harga 2022
Mengenal Jenis Jenis Kaca Jendela

Leave Your Comment