Tips

Jendela-ventilasi

 · 1,630ratings · 94reviews

Start your review of Jendela-Jendela

Feb 04, 2010Neetarated itdid not like it

I tried to read it several times but still couldn’t grab anything than a shallow reading. This is what i called a low quality novella. Takjub jua melihat kitabmenggunakan kualitas seperti ini mendapat kebanggaan menurut nama2 beken misalnya Arswendo Atmowiloto & Sapardi D. Damono…entahlah…more

Pernah membaca buku janggal? Saya pernah beberapa kali. Pernah membaca kitabaneh yang ditulis penulis populer? Baru kali ini. Membaca buku aneh oleh penulis baru, buat saya tidak jadi soal. Tapi kalo yg nulis adalah pemilik nama prominen macam Fira Basuki, menggunakan endorser penulis beken Arswendo Atmowilo & Sapardi Djoko D, disitu saya terkadang menjadi merasa aneh…

Awalnya gw pikir ini adalah goresan pena seputar pengamatan si gw di kitabini tentang para tetangga menurut kacamatanya yang dipandang dar…more

Jul 18, 2007Femmyrated itdid not like it

Banyak yang menyukai gaya bertutur Fira Basuki yg seperti mengobrol, tapi saya langsung merasa tulisannya jadi melantur ke mana-mana, sehingga penceritaannya nir penekanan dan tidak padu.

Selain itu, aku risih jua membaca mengenai tokoh cerita Indonesia yg mempraktikkan seks bebas, kemudian berselingkuh pula, & sepertinya tanpa penyesalan. Secara umum aku memang tidak menyukai cerita tentang perselingkuhan, meskipun ada pula satu-2 yg kusukai, apabila ditulis dengan baik, misalnya misalnya Supernov…more

Jun 16, 2016Prima Primarated itit was amazing

Lah ini baru buku Menyeramkan. Sedikit diksi membingungkan, mutlak orisinil. Perselingkuhan & tetek bengek kasus keluarga mewarnai klimaksnya; ditengah-tengah entah mengapa mencoba mensisipkan falsafah mbah Ranggawarsita dan politik Indonesia pra-pasca reformasi yg berdasarkan gw tidak penting sama sekali–tapi tetap saja buku ini Menyeramkan! Tidak tabah buat melanjutkan Pintu dan Atap, akan tetapi saya mohon maaf 1Q84 & Pulang telah gw endapkan terlalu lama”minta ditamatkan”.

Buku terbaik fira basuki menurut gw… pertama baca pribadi senang, karena dijamannya masih sedikit pilihan kitabindonesia yang indah, kecuali buku2 remy silado, ayu utami dan beberapa yang lain nya [tapi gak poly ya…… *lupa duluan fibas apa dee ya??]sempat ga sabaran nunggu pintu & atap, begitu baca pintu mulai kecewa, gak se’lezat’ jendela2, permanen beli atap & aku bosen…. lanjut biru & saya menyerah…. jadi berdasarkan 4 kitabfira basuki yg aku baca, jendele-jendela jagoannya… sep…more

Oct 12, 2009Imasrated itit was ok

Buku pertama Fira Basuki yg gw baca, buku ini merupakan kitabpertama menurut trilogi Jendela-jendela, Pintu, & Atap. Menceritakan tentang June dan suaminya dengan kisah-kisah diseputar lingkungan loka tinggal mereka. Hubungan antar manusia dan perbedaan kebudayaan sebagai beberapa hal yang banyak diungkapkan.

Jul 12, 2020Antin Apriantirated itdid not like it

Aku nggak paham ini kitabmau cerita tentang apa. Gaya penulisnya yg seolah sedang bercerita malah bikin cerita nggak kentara ke mana-mana, akan tetapi nggak terdapat pada dasarnya.

Dan berakhir dengan menggantung. Paham sih ini buku trilogi tapi aku pribadi nggak tertarik & bertanya-tanya sama buku selanjutnya.

Semuanya bermula ketika June. S menyapa langit Singapura. Kepindahannya ke HDB (Housing Development Board), rumah susun yg memang dibangung oleh pemerintah Singapura, membuatnya memperhatikan ventilasi-jendela para tetangga. June tinggal bersama menggunakan Jigme, suaminya yang seseorang Tibet. Keduanya bertemu waktu June menuntut ilmu pada Pittsburg, negara miniyg ucapnya akan terlibas pada satu kerjapan mata. Mulanya June merasa hidupnya sempurna, baik, nir seperti bayangan mamanya, akan tetapi sejak k…more

Dec 05, 2012Itjarated itliked it

jen.de.la / ventilasi / n 1 Lubang yg dapat diberi tutup, umumnya berbentuk segi empat, & berfungsi sebagai loka keluar masuk udara; tingkap; dua Lubang angin. (KBBI)

Novel Jendela-ventilasi ini adalah bagian pertama menurut trilogi “Jendela-Jendela”, “Pintu”, & “Atap”. Bercerita tentang pasangan muda beda kewarganegaraan yg tinggal pada Singapura, mereka adalah Jigme dan June. June adalah perempuanIndonesia yang menikah menggunakan laki-lakiTibet. Hubungan mereka terjalin semenjak June menetapkan transfe…more

Feb 17, 2015Darniarated itit was ok

Entah karena baca duluan, gw lebih senang Pintu daripada buku pertama ini. Lantaran 1). saya gak gitu paham menggunakan analogi jendela pada sini. Apakah ventilasi yang dimaksud June mendeskripsikan apartemen & suasana hati serta konfliknya waktu dia tinggal di sana? Entahlah. Mungkin kebegoan aku yang bikin aku gagal-paham akut

dua.) affair dan kehidupan free sex June. Ok, gw tau kalo yang kayak gitu emang hak masing-masing orang. Tapi, nggak nyaman aja mbayanginnya.

3). penuturan dalam kitabini sukamelebar kemana-mana…more

Saya membaca Jendela-Jendela karena gw sukaAstral Astria. Saya kira ceritanya akan seperti ‘apa’. Ternyata ‘tidak apa-apa’. Saya pikir ceritanya akan ‘bagaimana’. Ternyata ‘tidak bagaimana-bagaimana’.

Pertama, gw nir mengerti hubungan antara judul menggunakan isinya. Mungkin cuma saya yg nir mengerti, akan tetapi entahlah. Memang setiap pindah tempat tinggal, June menyampaikan ventilasi. Tapi sementara waktu dan selewat saja. Mungkin cuma aku yang nir mengerti, akan tetapi entahlah.

Kedua, aku lebih sukabila …more

May 17, 2008Kikirated itit was ok

Setelah trilogi ventilasi, pintu & atap, plus sedikit rojak…akhirnya aku menyerah & “mutung” menggunakan karya-karya Fira Basuki (maafkeun ya mbak Fira).

Sejak buku pertama, aku membatin apa yang salahmenggunakan perasaan aku terhadap kitabini? lantaran sebenarnya cara F.B bercerita relatif mengalir & runut. jadi, meskipun relatif bosan di awal-awal, gw paksakan diri buat berjuang menyelesaikannya. tapi, semakin ke belakang cita rasanya makin nir fokus. Rasanya ada yang nggak pas menggunakan penokohannya. B…more

Jan 05, 2015Maria Tarisarated itreally liked it

Hari ini saat saya menenggelamkan diri pada toko buku, gw temukan sebuah paket trilogi milik Fira Basuki. Setelah berdebat dengan batin sendiri, akhirnya aku tetapkan buat membelinya. Setelah itulah kisah bermula.

Jendela-ventilasi membawa gw balikpada masa silam. Tahun 1997, waktu usia gw masih sangat muda. Tokoh June yg menjadi fokus cerita punya kisah yg menarik buat diikuti. Kehidupannya pada Pittsburg, Jakarta, dan Singapore sangat menarik. Kisah cintanya dengan para laki-l…more

Sep 27, 2012Maria Tarisarated itreally liked it

Hari ini saat aku menenggelamkan diri pada toko kitab, aku temukan sebuah paket trilogi milik Fira Basuki. Setelah berdebat menggunakan batin sendiri, akhirnya gw tetapkan buat membelinya. Setelah itulah kisah bermula.

Jendela-jendela membawa gw kembali pada masa silam. Tahun 1997, ketika usia aku masih sangat muda. Tokoh June yg sebagai penekanan cerita punya kisah yang menarik buat diikuti. Kehidupannya di Pittsburg, Jakarta, & Singapore sangat menarik. Kisah cintanya menggunakan para laki-l…more

Aug 26, 2008Niarated itliked it

Sebel sama tokoh June…nir yg seperti gw harapkan :-(Diawal-awal, sih suka . lantaran orangnya nerimo menggunakan keadaan suami, Jigme yang sangat sederhana.Ditambah lagi ternyata Jigme mulai memperdalam kepercayaanIslanm menggunakan mengikuti pengajian dan bekerja keras untuk membahagiakan June. Tapi June malah bermain menduakan dengan teman baik suaminya, Dean…

Dan June baru menyadarinya waktu ia dicampakkan begitu saja sang Dean dan menderita sakit dalam lehernya. Hingga akhirnya beliau pulang ke tanah ai…more

Awalnya sangat tertarik sekali membaca buku ini justru setelah membaca kitabFira Basuki yg lain misalnya ‘140 Karakter’ dan ‘Fira-Hafez’, tapi lantaran sulit mencari versi yg boxset agak terlupakan jua sih. Sampai secara mengejutkan suami menaruh boxset novel ini menjadi bantuan gratis.

Setelah membaca satu dua halaman ternyata jauh sekali berdasarkan ekpektasi aku terhadap novel ini. Saya kira ceritanya ‘berat’ ternyata ringan sekali & mudah dipahami. Meskipun begitu gw senang gaya bercerita Fira yg…more

Nov 13, 2008Nanarated itliked it

pertama-tama agak sedikit membingungkan sih baca buku ini (mb fira mau cerita apa&siapa ya?)…akan tetapi setelah selesai membacanya, aku baru paham maknanya.ternyata menikah menggunakan orang bukan dari negeri kita sendiri alias orang luar ternyata tidak selalu hayati serba kecukupan&selalu bergaya hayati glamor, ya salahsatunya june pada tokoh ini beliau menikah menggunakan orang rakyat kebangsaan Tibet..june menerima pengalaman yg unik,bahagia,sedih,menyusahkan saat hidup di negeri seberang,bahkan affair pun per…more

You may also like
Aneka Macam Jenis Pintu & Jendela Lengkap Dengan Contoh & Gambar
√ 30+ Contoh Ventilasi Boven (kamar Mandi, Dapur, Aluminium)

Leave Your Comment